Panduan Perawatan dan Pengobatan Kelinci (III)

Buku ini memuat hal-hal penting klhidupan kelinci di peternakan (pemeliharaan domestik). Disusun praktis dengan gaya bahasa populer dan difokuskan untuk penjaga kandang Anda. Setiap penjaga kandang penting untuk menjadikan buku ini sebagai kamus harian. Manakala terjadi masalah-masalah bisa langsung membuka buku ini. dengan buku ini, setidaknya banyak hal yang bisa diselesaikan secara tanggap darurat. Jangan biarkan buku ini lepas dari penjaga kandang peternakan kelinci Anda. 
 Kelinci Domestik (Perawatan dan Pengobatan)/Penulis: Faiz Manshur & Mutasim Fakkih/ Penerbit: Nuansa Cendekia Bandung, April 2010/Tebal: 244 Hlm/Harga: Rp 46.000.
Pemeliharaan secara domestik mestinya tidak mengubah secara total pola kehidupan kelinci hingga tercerabut dari habibat alamnya. Di era modern, perlu strategi khusus “merumahkan” kelinci dengan pelayanan yang sesuai kebutuhan hidup kelinci, -bukan sesuai kehendak pemiliknya. Antibiotik-modern yang
berbahaya mesti diminimalisir. Solusi tanaman obat terbukti lebih mudah, murah dan aman.
“…Campuran minyak esensial (astiri) dan campuran ekstrak tanaman memiliki efisiensi yang cukup melawan Eimeria dan Clostridium. Merupakan solusi menarik dalam pemeliharaan kesehatan kelinci.” (M. Colin dan A.Y Prigent).


Bingung perawatan dan pengobatan kelinci?
Saatnya hadir ke genggaman Anda untuk mengatasi masalah-masalah pemeliharaan kelinci. Buku ini secara khusus didedikasikan kepada para peternak dan penghobi kelinci untuk memandu menangani masalah-masalah internal peternakan. Tidak banyak teori dalam buku ini karena banyak teori yang sudah ditulis di dalam buku Kelinci Pemeliharaan Secara Ilmiah, Tepat dan Terpadu.  Buku ini adalah kelanjutan dari buku tersebut sebagai penjabaran lebih detail tentang seluk beluk pemeliharaan. Sebuah karya baru yang memperhatikan para pembaca yang sedang bergulat dalam pemeliharaan kelinci.
Buku ini akan menjadi kamus perawatan dan pengobatan. Perawatan dalam kandang, makanan, jenis-jenis pellet/konsentrat, sayuran, rumput, dan lain-lain dijabarkan secara detail dan itu akan membuat kita mudah mempraktekkan sesuai domisili kita berada. Kelemahan pemelihara selama ini adalah tidak memahami masalah kelinci. Penyakit remeh temeh seperti kembung, mencret, tidak mau makan, menggerat dan lain sebagainya akan mudah diselesaikan melalui buku ini. Pengobatannya pun ditunjukkan secara praktis dan tidak sepenuhnya bergantung pada antibiotik. Tanaman herbal dibuktikan mudah didapat dan murah untuk pengobatan.
Jenis-jenis tumbuhan yang selama ini kita abaikan ternyata memiliki manfaat besar bagi kelinci sehingga pengobatannya pun mudah dilakukan. Setelah membaca buku ini dipastikan kita akan malu tentang hal-hal yang remeh temeh pada masalah kelinci ternyata penyelesaiannya mudah. Cukup Rp 46 ribu berbagai persoalan yang sedang atau akan terjadi dalam pemeliharaan kelinci akan kita selesaikan melalui buku ini.
Selamat membaca.
Solusi praktis buku ini meliputi:
  • Pemahaman habitat kehidupan kelinci
  • Manajemen kandang dan pola makan secara tepat
  • Tips perawatan hamil dan perawatan anak
  • Tips pemberian makanan yang cocok dan murah
  • Tips merawat dan mengobati penyakit
  • Pemanfaatan tanaman obat untuk kelinci, dll.

1 komentar: